"Soal Dan Jawaban" Hal.20 ~ Kedatangan Bangsa Eropa


Soal : 
  1. Jelaskan bukti empirik prinsip perubahan dan keberlanjutan dalam sejarah yang masih berlangsung pada masa kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Kepulauan Nusantara !
  2. Jatuhnya Kostantinopel ke tangan Turki Usmani pada tahun 1453 merypakan titik balik pagi perkembangan ekonomi dan politik di Eropa. Lakukan analisis terhadap hal tersebut !
  3. pada abad ke-16 mengapa Lisabon begitu cepat berkembang menjadi pusat perdagangan rempah-rempah di Eropa ?
  4. Berikan penilaian dan tulis perasaanmu mengetahui perilaku portugis dalam melakukan ekspedisi ke dunia timur dengan memasang pardao disetiap daerah yang disinggahi.
  5. Buat suatu telaah kritis, mengapa waktu itu bangsa indonesia akhirnya jatuh menjadi       daerah penjajahan bangsa asing ?
**Jawab**

  1. Portugis / Bangsa asli portugal datang ke Indonesia pada abad ke 16 adalah bangsa pertama yang sampai di Kepulauan Nusantara.
    Sapnyol mulai masuk tahun 1521 dan pada tahun 1522 memulai kolonialisasi di Sulawesi Utara. Tahun 1550 Sapnyol berhasil mendirikan benteng di Wenang.
  2. Jatuhnya konstantinopel ke tangan turki usmani, bangsa eropa jadi tidak lagi bergantung untuk mendapatkan rempah-rempah. peristiwa tersebut mendorong bangsa eropa untuk melakukan penjelajahan samudera ke wilayah-wilayah penghasil rempah-rempah.
  3. Karena pasukan Alfonso de Albuerquerque berhasil menaklukkan Malaka yang terletak di Asia Tenggara tepatnya di Malaysia dan terkenal sebagai pusat perdagangan dan penjualan rempah2 di Asia Tenggara. Setelah berhasil menaklukkan, akhirnya Alfonso de Albuerquerque membawa hasil jarahannya ke kota Lisabon, Portugis dan menarik para pedagang Eropa.
  4. Berikan penilaian dan tulis perasaanmu mengetahui perilaku Portugis
    dalam melakukan ekspedisi ke dunia timur dengan memasang padrao
    di setiap daerah yang disinggahi.
  5. indonesia memiliki rempah-rempah yang beragam, letag geografis yang strategis untuk perdagangan, dan memiliki iklim yang menyenangkan. faktor utama eropa masuk indonesia karena pasokan rempah-rempah dari turki ke eropa terputus, akhirnya eropa datang ke indonesia untuk mengambil kekayaan alam indonesia. saat itu indonesia belum tau apapa, masih lugu, dan belum bisa melawan para penjajah.
*GOOD LUCK*


0 Response to ""Soal Dan Jawaban" Hal.20 ~ Kedatangan Bangsa Eropa"

Post a Comment