"Soal Dan Jawaban" Hal.33 ~ VOC


Soal : 
  1. Coba jelaskan posisi kepulauan Maluku dalam perdagangan Internasional pada abad ke-15 sampai abad ke17!
  2. Mengapa VOC dikatakan negara dalam negara,jelaskan! 
  3. J.P Coen dapat dikatakan sebagai peletak dasar penjajahan VOC di Indonesia.Coba jelaskan!
  4. Tahukan kamu apa yang dimaksud Pelayaran  Hongi ? Bagaimana praktiknya sehinggan keuntungan tetap jatuh ke tangan VOC?
  5. Bagaimana Penilaian kamu tentang praktik korupsi yang dilakukan pengawi VOC dan bagaimana dengan yang terjadi di Indonesia dewasa ini ?


    **Jawab**

    1. Secara singkatnya dapat kita jelaskan bahwa kepulauan Maluku pada tersebut terletak dalam posisi yang strategis.Kepulauan Maluku juga termasuk kedalam jalur perdagangan terbesar saat itu,yaitu China - Malaka dan jalur Maluku - Malaka.Pada jalur ini ramai dengan para pedagang rempah-rempah dan pedagang beras.
    2. Waktu itu Maluku sedang menduduki posisi strategis di kawasan yang dikenal sebagai Indonesia timur.Menjadi rebutan negara-negara asing,terutama Spanyol,Portugis dan Belanda.Selain itu juga memiliki perkembangan kebuyaan yang tinggi karena lalu lintas perdagangan tersebut.Secara teoripun kawawan ini terbuka lebih cepat sehingga mudah untuk dipengaruhi oleh pengaruh luar.Apa lagi saat itu boomingnya rempah-rempah di daerah tersebut sangat melimpah,oleh karena itu pulau Maluku menjadi sangat eksotif dan seksi dimata penjelajah.
    3. VOC dikatakan negara dalam negara karena Belanda memberikan hak octroi atau hak istimewa kepada VOC yang meliputi hak Monopoli,Membuat uang,Mendirikan benteng,Melaksanakan perjanjian di Indonesia,Membentuk tentara.Jadi VOC bisa mengatur segala urusannya seperti layaknya sebuah negara. 
    4. J.P Coen merupakan gubernur pertama VOC yang mendirikan VOC diwilayah Hindia Belanda,sehingga kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh J.P Coen banyak yang merugikan bangsa Indonesia,terutama dalam hal perdagangan dengan sistem perdangan yang diterapkan oleh VOC di Indonesia ini membuat bangsa Indonesia semakin teruruk dan melemahkan perekonomian rakyat.
    5. Sangat jelas apa yang terjadi pada masa lalu merupakan gambaran masa kini,, seperti halnya korupsi yang terjadi pada masa VOC, tidak jauh berbeda dengan bangsa indonesia saat ini. mungkin saja budaya korupsi yang melanda bangsa indonesia merupakan peninggalan dari masa VOC, sehingga sangat sulit untuk dihindari,, oleh sebab itu, bangsa indonesia harus bangkit dan merubah mental inlander sehingga dapat memperbaiki harkat dan martabat bangsa
    **Good Luck bro**





    0 Response to ""Soal Dan Jawaban" Hal.33 ~ VOC"

    Post a Comment