"Soal Dan Jawaban" Hal.59 ~ Masa Pemerintahan Raffles

Soal :
  1. Mengapa pemerintah Komisaris Jendral mengambil kebijakan "Jalan Tengah" dalam memerintah di Hindia-Belanda ?
  2. Tunjukan bukti bukti tindakan Raffles di Indonesia yang tidak sesuai dengan pandangannya sebagai seseorang Liberal Bandingkan dengan Daendels !
  3. Mengapa Pemerintahan Hindia Belanda melaksanakan Tanam Paksa ?
  4. Mengapa Pelaksanaan Tanam Paksa menimbulkan Pro dan kontra di lingkungan Masyarakat di negara belanda ?
  5. Jelaskan Persamaan dan perbedaan pelaksanaan Tanam Paksa dan pelaksanaan usaha swasta di hindia belanda !
  6. Jelaskan proses masuknya agama katolik dan kristen di indonesia !
*Jawaban** 
1. Karena pemerintah kominsaris jendral memiliki kewajiban untuk membentuk sebuah kedamaian di daerah Hindia Belanda,oleh karena itu mereka mengambil jalan tengah agar posisi administrasi yang lain tidak berubah.

2. A. Raffles : Raffles tetap melakukan kerja paksa dan sewa tanah kepada rakyat
Indonesia.

    B. Daendles : Daendles lebih bisa di ajak kerja sama,contohnya saat malaka di
jajah oleh Daendles ia hanya mengambil sedikit untung untuk di jual di Negaranya dan hamya melaksanakan sistem sewa tanah yang lebih ringan.

3. Alasan terbesarnya adalah untuk menambah cadangan kas uang hindia belanda yang habis terkuras akibat perang Diponegoro dan perang Padri serta diberbagai daerah.

4. Karena bangsa belanda memaksa rakyat Indonesia untuk menanam paksa rakyat dengan upah yang sedikit dan yang menimbulkan kemarahan rakyat serta pemberontak bangsa terhadap Belanda.

5. A. Persamaan : 
-Menghasilkan devisa
-Usaha yg dilakukan adalah tanaman jual.
-Dikerjakan secara pertanian.
-Berada dipengawasan Belanda.

    B. Perbedaan
- Tanam paksa adalah pengumpulan dana untuk mengisi                                   kekosongan kas,sedangkan usaha swasta hanya sebatas mengumpulkan dana   biasa.
-Tanam paksa di lakukan secara paksa kepada                                                   pribumi,sedangkan usaha swasta sukarelakarena bersifat bisnis.
-Tanam paksa dikerjakan pribumi,sedangkan usaha swasta                                   oleh masyarakat Belanda dan lain-lain dalam kebijakan rasial Belanda.Tanam           paksa di kerjakan individu,sedangkan usaha swasta oleh perusahaan. rasial
Belanda.

6Dibawa oleh bangsa barat saat mereka hendak membeli rempah-rempah di Indonesi,selain bangsa barat tersebut untuk membeli rempah-rempah tapi mereka juga menyebarkan agama Katolik dan Kristen di Indonesia.



8 Responses to ""Soal Dan Jawaban" Hal.59 ~ Masa Pemerintahan Raffles "