"Soal Dan Jawaban" Hal.155~ Tumbuhnya Ruh Kebangsaan Dan Nasionalisme


Soal :

  1. Mengapa pemerintah hindia belanda melakukan perubahan sistem pemerintah tradisional ke sistem pemerintahan birokrasi kolonial? Jelaskan !
  2. Bagaimana menurut pendapat kamu dengan sistem pemerintahan
    saat ini? Buatlah penjelasan empiris dalam bentuk esai kurang lebih
    sebanyak dua halaman folio !
  3. Mengapa pemerintah hindia belanda melaksanakan kebijakan politik etis. bagaimana dampaknya terhadap masyarakat Hindia Belanda? jelaskan jawaban kamu dan
    berikan bukti-buktinya yang hingga saat ini masih dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari!
  4. Jelaskan hubungan pendidikan dan media cetak dalam membangun kesadaran kebangsaan. bandingkan dengen peranan media cetak yang saat ini
    berkembang di tanah air !
  5. Jelaskan peran wartawan dalam membangun semangat kebangsaan !
**Jawaban**

  1. Karena Hindia Belanda ingin menguasai wilayah Indonesia. Maka dari itu dia melakukan intervensi dengan cara melakukan perubahan sistem pemerintah tradisional. Seperti adat yg seharusnya dilakukan di suatu kerajaan, dihilangkan. Hindia Belanda ingin dihormati, ia duduk di singgasana dan dipayungi oleh orang keraton. Selain itu ia juga melakukan intervensi tterhadap penaik turunan tahta pemerintahan.
  2. Jika ditulis secara garis besar, pemerintahan saat ini masih terlalu kurang, jika kita melihat negara tetangga kita yang sudah jauh mendahului kita itu karena mereka memiliki niat dan tanggung jawab yang besar untuk mengembangkan negara mereka, tapi berbeda dengan bangsa Indonesia . Tikus yang sebenarnya ada di jalanan, sekarang sedang duduk menikmati kakayaan.  Indonesia hanya perlu pemimpin yang bertanggung jawab dan jujur.
  3.  Kebijakan politik etis dilakukan sebagai balas budi pemerintah Belanda terhadap orang pribumi . Dampaknya adalah munculnya golongan muda terpelajar di indonesia  Contohnya : Orang pribumi diberikan pendidikan di Belanda.
  4. Pendidikan dan media cetak berpengaruh sekali dalam membangun kepercayaan masyarakat terhadap Negaranya.Contohnya dalam pendidikan, jika pendidikannya kacau (boleh mencontek, mencuri, berkelahi dan lain-lain) pasti besarnya jika diberi jabatan tidak akan berjalan baik.jika dalam media cetak, media cetak yang selalu memberitakan korupsi dan segala bentuk yang negatif dalam suatu bangsa maka akan membuat masyarakat gak percaya dengan bangsanya sendiri.Jika dibandingkan dengan media cetak saat ini. media cetak saat ini ku kira sudah jujur dan tidak terkekang oleh pemerintah(bebas), tetapi bagaimana penyampaian media cetak agar terkesan jangan melakukan hal seperti itu tidak ada.
  5. Peran wartawan dalam membangun semangat kebangsaan adalah dengan cara menyajikan  berita-berita yang bersifat nasionalisme sehingga,wartawan dapat dikatakan sebagai penyemarak kebangsawanan di negeri kita ini. Ini merupakan suatu wujud seorang wartawan yang mempunyai sifat kebangsaan dan nasionalisme.
Good Luck


0 Response to ""Soal Dan Jawaban" Hal.155~ Tumbuhnya Ruh Kebangsaan Dan Nasionalisme"

Post a Comment