Ringkasan Karya Seni Rupa Terapan Nusantara

       Seni rupa terapan disebut juga seni pakai ( applied aart/useful art).Istilah ini digunakan untuk menyebut cabang seni rupa yang lebih mengutamakan aspek fungsional.Unsur objectif karya seni rupa terapan adanya unsur guna,ekonomi,produksi,promosi,dan kebutuhan masyarakat.


       Seni rupa terapan dikelompokkan menjadi 2,yaitu: Desain dan Seni Kriya
1. DESAIN
Dalam desain terdapat istilah ergonomi.Istilah ini berkaitan dengan kenyamanan dan keamanan rancangan benda untuk manusia.Misalnya,sebuah kursi ukir jati dari Jepara.Pembuatannya harus memenuhi fungsi utama yaitu,nyaman dan tidak membahayakan.Selanjutnya baru keindahan dan hiasan.

Desain dapat dikelompokkan menjadi beberapa cabang :
a. Desain Komunikasi Visual
Istilah desain yang dipakai dalam bidang komunikasi visual adalah desain grafis.Apa tiu desain grafis?Desain grafis adalah  upaya memenuhi kebutuuhan masyarakat akan komunikasi yang akan dicetak,seperti poster,brosur,undangan,surat kabar dll..Lalu desain grafis berkembang hingga disebut Desain Komunikasi Visual.

b. Desain Interior
Desain Interior adalah suatu kegiatan yang berupaya memenuhi kebutuhan akan ruang yang nyaman dan indah dalam sebuah hunian,seperti hotel,rumah tinggal,kantorkafe,sekolah dll.Desain interior berkaitan dengan penataan dan penciptaan suasana ruangan.Asas2 desainer,yaitu:kualitas cahaya,proporsi ruangan dengan benda pada ruangan.

c. Desain Produk
Desain produk adalah cabang seni rupa yang berupaya memecahkan persoalan kebutuhan masyarakat akan peralatan dan benda sehari2 untuk menunjang kegiatannya.Proses kerja desain produk berkaitan dengan faktor-faktor produksi,ekonomi,rekayasa dan estetika.Benda yang dihasilkan seperti,perlengkapan olahraga,perangkat militer,kedokteran dan otomotif.

d. Desain Tekstil
Desain tekstil merupakan cabang desain yang berkaitan dengan kualitas praktis,kualitas estetis dan kualitas simbol karya tekstil.Teknik yang dipakai saat memproduksi yaitu,sehelai kain tenun ikat,tenun celup,batik atau bordir

2. SENI KRIYA
           Adalah cabang seni rupa berwujud dua atau tiga dimensi yang memiliki guna praktis maupun hias,dan dapat dibuat dari aneka bahan.Seni kriya merupakan istilah yang dipopulerkan untuk menggantikan kata kerajinan yang di anggap tidak sesuai lagi.Seni kriya merupakan hasil kreasi individu seseorang atau kerjasama beberapa kriyawan.
seni kriya dibagi beberapa kelompok :
A. Kriya Tekstil

1. kriya batik
Prinsip utama dalam pembuatan batik adalah tutup celup,menggunakan alat canting untuk merintangi warna.Teknik membatik yang lain adalah teknik cap,menggunakan alat cap dari bahan tembaga.Ada juga istilah printing,yaitu kain bermotif hias batik di produksi dengan teknik sablon.Batik mempunyai dua gaya,yaitu:Batik pesisir dan Batik keraton.

2. kriya tenun
Sandang merrupakan kebutuhan pokok manusia selain pangan dan papan.Salah satu alat tenun bukan mesin tapi tustel.

3. kriya bordir
Salah satu hal yang menentukan nilai kain/pakaian adalah hiasannya.Bordir adalah hiasan dari benang yang dijahitkan pada kain.Istilah lainnya adalah sulam.

B. Kriya Anyaman
Prinsip menganyam adalah manfaatkan jalur melintang (horizontal yang disebut pakan dan jalur vertikal yang disebut lungsi/lusi.Ada juga teknik menyulam yang memanfaatkan jalu miring/diagonal dan gulungan.

C. Kriya Lukis
Proses produksi kriya lukis biasanya dilakukan secara manual di atas kain sejenis kanvas yang dibentangkan.Proses melukis dimulai dengan melukis dasar dan dilanjutkan dengan tahap penyelesaian.Alat yang digunakan,yaitu: kuas,pisau palet.

D. Kriya Kulit
Kulit satwa banyak dipergunakan untuk memenuhi fungsi sandang.Kulit satwa dapat digunakan setelah di proses secara kimiawi,Proses pengolahan tersebut bertujuam agar bahan kulit tersebut  nyaman dipakai ,lentur,kuat dab tahan lama.Warna dapat dibuat sesuai warna aslinya.

E. Kriya Ukiran
Peralatan pokok yang digunakan untuk mengukir adalah,pahat,palu,pisau raut,gergaji,kapak dan ampelas.Kayu yang sudah kering dibentuk,kemudian di pahat bagian demi bagian.Proses berakhir pada tahap penghalusan.

F. Kriya Logam
Prinsip mengecor adalah mengisi cetakan yang sudah dibuat sesuai benda yang dikehendaki dengan logam yang di sudah di didihkan.

G. Kriya Keramik
Bahan yang digunakan dalam pembuatan keramik adalah tanah liat yang dibentuk.Teknik yang digunakan bermacam-macam,seperti teknik pilin,pijat.







0 Response to "Ringkasan Karya Seni Rupa Terapan Nusantara"

Post a Comment