Cara Mengatasi Lemot Pada Jeep Cj7~

Cj7 memang memiliki keunggulan seperti bisa berjalan di segala medan ekstrim dan juga sangat hemat bbm,Tapi disisi lain Cj7 diesel ini juga memiliki kekurangan yang benar2 membuat para penggunanya geleng2 kepala,yaitu Cj7 ini yang ber-mesinkan isuzu c 20 kapasitas 230cc menghasilkan kurang dari 70 hp.Kombinasi transfercase dana 300 dan gardan T176 dengan rasio 11 : 41,itu benar2 tidak sesuai dengan Cj7 ini,karna membuat lemot/lambat.

Gimana solusinya ya?

Tenang bro,disini gue ada panduan lengkap cara mengatasinya..

1.Gardan T176 yang ada pada Cj7 diganti dengan gardan toyota HIACE pickup  diesel rasio pinion-ring 7:37,jangan lupa ganti rem tromol menjadi cakram dan Gardan HIACE yang dibituhkan sebanyak 2 set. 

 CARA PENGERJAANNYA :
Lepas bantalan per gardan bagian belakang menggunakan gurinda,kemudian digeser balik ke bagian bawah.Perhatikan juga presisi bantalan,digeser sedikit ke bagian dalam 3 cm.Dengan demikian sumbu bertambah,lebar kiri dan kanan masing-masing 2 cm.

Lubangi  baut  roda pada as HIACE,ditutup/las.Kemudian bubut ulang sesuai ukuran velg CJ7, pasang kembali baut roda, selipkan adaptor setebal 2 inchi dengan baut roda yang menempel pada adaptor, di sini adaptor sebagai celah ruang kaliper rem, masukkan cakram pada baut roda.

Braket kaliper dibuat custom,menyesuaikan ukuran cakram dan braket tersebut.Kemudian dipasang pada 2 baut penutup bearing as.

Perlu diperhatikan pemasangan cross joint antara gardan belakan ke asblok (propelent), asblok menggunakan yang asli tidak perlu diutak-atik,  yang perlu dioprek hanya crossjoint, menggunakan kombinasi yaitu dua sisi segaris yang melekat asblok cj7 asli masih tetap sedangkan yang ke dudukan rumah penyambung HIACE juga menggunakan mangkuknya HIACE. Panjang Crossjoint 2 sisi ujung segarisnya dipotong 4 mm karena terlalu panjang untuk masuk ke mangkuknya HIACE.
Setelah semua siap,pasang instalasi rem dan pasang velg roda,dengan demikian rangkaian sumbu belakang sudah selesai. 
2.Mengganti gardan depan dengan gardan yang sama yaitu gardan HIACE tentunya dengan rasio yang sama sehingga pada saat menggunakan fungsi 4 x 4 tidak terjadi efek tolak menolak antara roda belakang dengan depan. Pada cj7  diesel '82 rem depan sudah dilengkapi cakaram bawaan pabrik dan sistem kemudi juga sudah power steering sehingga kita hanya konsentrasi bagaimana me-reinforce gardan HIACE menjadi gardan CJ7.  Upaya yang dilakukan adalah:

Bongkar gardan depan, lepaskan semua tinggal bambunya, lalu potong lengan bagian kiri dan kanan tepat di samping rumah girboks, kombinasikan dengan mengaopsi bonggolan tengah girboksnya HIACE, perhatikan presisi dan proses pengelasan harus dilakukan oleh ahlinya serta elektrode las yang dipakai dari bahan carbon.

Sumbu depan cj7 baik kanan maupun kiri pada bagian tengah sampai ujung giginya yang masuk ke girboks dipotong, sambung dengan as/sumbu HIACE sehingga bisa masuk ke girboks, perhatikan presisi, samakan ukuran kelebaran gardan belakang serta cara penyambungan sehingga hasilnya kuat dan tidak mudah patah.

Pada saat pemotongan lengan kanan dan kiri perhatikan rencana penempatan bantalan per/pegas daun dan juga ruang main bebas pada rongga di bawah mesin sehingga pada saat pemasangan per tidak miring pada braketnya tetapi juga tidak membentur carter mesin.

Mengingat ukuran as cj7 lebih kecil sudah disambung dengan as HIACE maka oliseal pada bambu gardan reinforce juga harus dibuat sendiri pesan pada ahlinya dengan menggunakan bahan silikon.
Jgan lupa penyambungan asblok/propelent ke transfercase memodifikasi croossjoint seperti yang sudah dilakukan pada gardan belakang,setelah selesai rangkai kembali dan gardan reinforce sudah siap.
Dengan selesainya penggantian gardan depan dan belakang maka torsi yang dihasilkan sudah berubah dengan rasio 7:37 sehingga akselerasi sudah semakin ringan/cepat dan di tanjakan akan sangat terasa bedanya. Bagi pengguna jeep untuk keperluan menarik beban, berkebun atau sebagai penarik mobil lain, modifikasi ini sudah sangat bagus.

Demikian postingan gue kali ini, semoga bermanfaat bagi para pecinta jeep CJ7 Diesel.Semoga bermanfaat..

1 Response to "Cara Mengatasi Lemot Pada Jeep Cj7~"

  1. Mantap Pak Artikelnya..
    boleh info Cakram dan caliper apa yang pas untuk as Hiace nya ya Pak,thanks

    ReplyDelete